Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Friday, March 22, 2024

Harga Emas Dunia Pecah Tekor Termahal, Dipatok Segini Sekarang


#1:Harga Emas Dunia Pecah Tekor Termahal, Dipatok Segini Sekarang

Jakarta Harga emas mencapai rekor tertinggi pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta). Harga emas bergerak lebih jauh di atas USD 2.100 per ounce dalam reli perdagangan yang dipicu oleh meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga Amerika Serikat (AS) pada bulan Juni dan permintaan safe-haven akibat konflik di Timur Tengah.

Dikutip dari CNBC, Rabu (6/3/2024), harga emas dunia di pasar spot naik 0,8% menjadi USD 2.132 per ounce, setelah mencapai rekor di level USD 2,141.59 sebelumnya.

Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup melonjak 0,7% ke level USD 2.141,9. Harga emas terakhir kali mencapai rekor tertinggi pada bulan Desember di USD 2.135,40.

    Alasan utamanya adalah kita melihat pasar semakin percaya bahwa penurunan suku bunga The Fed akan segera terjadi,” kata Kepala Strategi Komoditas TD Securities, Bart Melek.

“Pasar harus sedikit lebih yakin agar emas bisa bergerak lebih tinggi, namun pada kuartal kedua, kami memperkirakan harga emas bisa mencapai lebih dari USD 2.300," lanjut dia.

Emas, yang sering digunakan sebagai penyimpan nilai yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan, telah naik lebih dari USD 300 sejak dimulainya perang Israel-Hamas.

“Risiko geopolitik yang muncul dari Laut Merah dan tahun dengan kalender pemilu yang padat secara global kemungkinan akan menunjukkan berlanjutnya penguatan permintaan ritel terhadap emas,” kata Ahli Strategi Komoditas WisdomTree, Nitesh Shah.

“Kami tidak akan terkejut jika emas mengembalikan sebagian keuntungannya karena Federal Reserve AS sedang membicarakan penurunan suku bunga dalam waktu dekat, namun ketika penurunan suku bunga terlihat pasti, kami memperkirakan emas akan diperdagangkan lebih tinggi secara signifikan," ungkapnya.
Suku Bunga AS

Kesaksian Ketua Fed Jerome Powell di hadapan Kongres pada hari Rabu dan Kamis akan diawasi dengan ketat untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai jalur suku bunga AS. Rilis ekonomi utama AS berikutnya adalah laporan ketenagakerjaan bulan Februari yang akan dirilis pada hari Jumat.

Pedagang saat ini melihat peluang 70% bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni, menurut alat CME FedWatch.

Harga emas tertekan ketika suku bunga tinggi untuk mengendalikan inflasi meningkatkan imbal hasil aset pesaing seperti obligasi dan meningkatkan nilai dolar, sehingga membuat logam mulia ini menjadi lebih mahal bagi pembeli di luar negeri.

Berbeda dengan harga emas, harga perak di pasar spot turun 0,8% menjadi USD 23,70 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak 28 Desember di awal sesi. Sedangkan logam mulia lainnya turun, di mana harga platinum tergelincir 1,8% menjadi USD 881,23 per ounce, dan harga paladium turun 1,1% menjadi USD 949,68.
 

0 comments:

Post a Comment