Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Sunday, March 17, 2024

Mimpi Prabowo Bikin Bensin dari Tebu Ternyata Sulit Diwujudkan, Ini Sederet Tantangannya


#1:Mimpi Prabowo Bikin Bensin dari Tebu Ternyata Sulit Diwujudkan, Ini Sederet Tantangannya

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto berencana untuk mengembangkan energi dari tanaman. Menurutnya, bensin bisa dibuat dari energi terbarukan yang berasal dari tanaman kelapa sawit, tebu hingga singkong.

Namun ternyata, untuk mewujudkan rencana tersebut tidak mudah. Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dida Gardera mengatakan, masih ada sederet permasalahan terkait pengembangan energi bioetanol tersebut. Contohnya sumber asal tebu. Saat ini terdapat permasalahan dari ketersediaan lahan untuk ditanami tebu.

Lahan kita masih banyak belum dioptimalkan, ini sedang kita petakan lagi," kata Dida kepada awak media di Kemenko Perekonomian di Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2024).

Selain ketersediaan lahan. Dida menyebut, pengembangan tanaman tebu juga menghadapi tantangan dari kesediaan pupuk.

"Dengan Mentan kemarin, ternyata lahan sawah itu masih banyak perlu dioptimalkan. Salah satu permasalahannya adalah pupuk, itu akan kita sediakan," imbuhnya.

Dida menilai, ambisi Prabowo untuk mengembangkan bioetanol yang bersumber dari tebu untuk campuran BBM tak lepas dari pertimbangan efisiensi keuangan. Saat ini, pemerintah tengah memetakan potensi pengembangan tanaman tebu di Indonesia.

"Singkong, tebu untuk bioetanol, kajian itu kan ada dari skala tertentu, ekonomis. Lahan kita masih banyak belum dioptimalkan, ini sedang kita petakan lagi," pungkasnya.
 

0 comments:

Post a Comment