Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Tuesday, November 7, 2023

Arab Saudi Umumkan Bakal Gelar Piala Dunia Esports Tahun Depan, Janjikan Hadiah Total Ratusan Miliar


#1:Arab Saudi Umumkan Bakal Gelar Piala Dunia Esports Tahun Depan, Janjikan Hadiah Total Ratusan Miliar

Jakarta - Arab Saudi baru saja mengumumkan rencana mengadakan Piala Dunia Esports, sebuah kompetisi tahunan yang akan mempertandingkan deretan game populer di dunia. Nantinya, para tim yang bertanding akan memperebutkan hadiah dengan total nilai sebesar USD 10 juta (sekitar 158,7 miliar).

Selain menjadi platform pendukung dunia game dan esports, kompetisi ini sekaligus memperkuat posisi Arab Saudi sebagai pusat global esports. Piala Dunia ini juga bertujuan meningkatkan kontribusi sektor esports terhadap produk domestik bruto (PDB) Arab Saudi dengan nilai lebih dari Rp 211,5 triliun pada 2030.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan, acara pertama akan diadakan di Riyadh pada musim panas 2024. Nantinya, klub-klub akan berkompetisi dalam berbagai jenis game untuk memperebutkan gelar juara dunia esports.

Kendati demikian, hingga saat ini masih belum diumumkan daftar game yang akan dipertandingkan di Piala Dunia Esports ini, seperti dikutip dari Gizchina, Rabu (25/10/2023). Piala Dunia Esports ini akan menggantikan festival esports Gamers8, sekaligus jadi daya tarik utama pelancong di musim panas mendatang.

Sekadar informasi, olahraga, esports, dan game merupakan komponen penting dalam rencana transformasi Visi 2030 yang digagas Putra Mahkota Arab Saudi. Pemerintah telah berupaya mengurangi ketergantungan pada sektor minyak, dan berambisi mendirikan 250 perusahaan game lokal dan 39.000 lapangan kerja.

Selain itu, Putra Mahkota Arab Saudi juga mengumumkan pendirian Esports World Cup Foundation, organisasi nirlaba untuk meningkatkan kolaborasi antara para pemangku kepentingan esports.

Yayasan ini akan bekerja mengembangkan ekosistem esports di Arab Saudi dan wilayah yang lebih luas. Yayasan ini juga akan fokus pada pendidikan, pelatihan, dan pengembangan bakat.

Jika nantinya Piala Dunia Esports ini terjadi, para pemain game di seluruh dunia akan memiliki sebuah wadah baru yang prestisius untuk bisa memamerkan keahlian mereka bermain. Namun, masih belum diketahui sikap skena esports menanggapi pengumuman ini
 

0 comments:

Post a Comment