Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Friday, September 8, 2023

China Rilis Ernie Bot, Chatbot AI Pesaing ChatGPT dan Google Bard


#1:China Rilis Ernie Bot, Chatbot AI Pesaing ChatGPT dan Google Bard

Jakarta - Baru-baru ini, China merilis platform barunya yang akan menjadi pesaing ChatGPT dan Google Bard bernama ERNIE Bot.

Bot ini mulai tersedia pada 31 Agustus 2023 dengan menyediakan fitur kecerdasan buatan (AI generatif) yang terbagi dalam empat kategori, yaitu pemahaman, generasi, penalaran, dan memori.

Sebelumnya, Baidu memperkenalkan chatbot AI terbarunya pada 16 Maret 2023. Dikutip dari Baidu Research, Rabu (6/9/2023), teknologi canggih ini dapat memahami niat manusia dan memberikan respons yang akurat, logis, dan lancar mendekati tingkat manusia.

Dilansir Mashable, ERNIE Bot memiliki fungsi serupa dengan platform AI (Artificial Intelligence) lainnya dan bergantung pada sejumlah besar data yang dikumpulkan melalui interaksi publik.

Namun, yang membuat platform dari Baidu ini berbeda dari platform lainnya adalah keutamaan keamanan negara dan mematuhi nilai-nilai inti sosialisme.

Hal ini menyesuaikan dengan peraturan baru dari pemerintah Tiongkok yang memungkinkan pengembang lokal untuk tetap kompetitif secara internasional, tetapi pemerintah tetap dapat mempertahankan kontrol ketat atas pembagian informasi.

Pada dasarnya, ERNIE Bot memang terlihat seperti pesain ChatGPT dan Google Bard, hanya saja platform milik perusahaan China ini menunjukkan sikap agresif pro-Tiongkok di seluruh jawabannya.

Contohnya, platform ini akan menjawab pertanyaan, seperti "sebutkan ibu kota Tiongkok", tetapi untuk pertanyaan terkait topik-topik sensitif seperti protes Lapangan Tiananmen tahun 1989, ERNIE Bot tidak akan menjawabnya.

Untuk saat ini, platform hanya tersedia bagi pengguna di Tiongkok dan belum jelas apakah akan dirilis untuk pengguna internasional atau tidak.
 

0 comments:

Post a Comment