Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Friday, September 22, 2023

Tangkap Karbon PLTU Batu Bara, PLN Gandeng Korea Selatan


#1:Tangkap Karbon PLTU Batu Bara, PLN Gandeng Korea Selatan

Jakarta - PT PLN (Persero) menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan Karbon Korea Co Ltd terkait impelementasi teknologi Carbon Capture, Utilizaton and Storage (CCUS) di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengakselerasi transisi energi lewat implementasi injeksi dan penyimpanan karbon.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung penuh upaya pemerintah untuk mengembangkan sektor energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Termasuk melalui pemanfaatan teknologi ramah lingkungan seperti CCUS guna menekan emisi karbon dari PLTU batu bara.

“Ini adalah konsep besar dimana kami menunjukkan kepada dunia, bahwa saat ini PLN memimpin upaya memerangi perubahan iklim di Indonesia. kami telah menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki kemauan, kami telah menghapus 13 Giga Watt energi fosil dari Rencana Usaha Penambahan Tenaga Listrik (RUPTL)," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/9/2023).

Darmawan memaparkan, dalam upaya memerangi perubahan iklim global dibutuhkan kolaborasi sebagai kuncinya. Oleh sebab itu, lewat kolaborasi semacam ini, ia optimistis peta jalan transisi energi, memerangi perubahan iklim akan lebih mudah dibanding berjalan sendiri.

“Jadi saya telah mendengar banyak laporan tentang Karbon Korea yang merupakan salah satu lembaga terbaik, yang melibatkan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon. Banyak pola dan banyak inovasi,jadi saya menaruh banyak harapan pada kerja sama semacam ini,” ungkap Darmawan.

Maksud dari kolaborasi implementasi CCUS ini, kata Darmawan, adalah untuk meningkatkan keberlanjutan pembangkitan listrik dan menurunkan emisi karbonnya.
 

0 comments:

Post a Comment