Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini berminat kirim Sms ke 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Friday, September 15, 2023

KTT ASEAN: Jokowi Bidik Peluang Kerja Sama Baru dengan China, Jepang, dan Korea Selatan


#1:KTT ASEAN: Jokowi Bidik Peluang Kerja Sama Baru dengan China, Jepang, dan Korea Selatan

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mencari peluang-peluang kerja sama baru antara negara ASEAN dan China, Jepang, dan Korea Selatan. Mengingat, kerja sama yang selama ini terjalin disebut membuahkan hasil positif.

Hal ini disampaikan Jokowi ketika membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Plus Three (APT). Selain anggota ASEAN, APT juga memuat Jepang, China, dan Korea Selatan.

Jokowi mengatakan, kerja sama yang positif telah berjalan sekitar 2 dekade belakangan. Pada kesempatan kali ini, dia membidik lagi hadirnya kerja sama baru di kawasan.

"Selama lebih dari 2 dekade ASEAN PT telah membuahkan banyak hasil dan menjadi motor pertumbuhan di kawasan," kata dia saat membuka forum, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

"Namun kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru dimana pembangunan ekonomi hijau jadi salah satu prioritas kedepan," sambung Jokowi.
ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023

Sebagai upaya untuk mengejar tujuan tersebut, Kepala Negara mengapresiasi dukungan yang diberikan China, Jepang, dan Korea Selatan dalam agenda ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023.

"ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV baterai dan ASEAN-Indo-Pacific Forum, ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan," kata dia.

Meski begitu, tujuan itu disebut bakal terganggu jika perdamaian dan stabilitas di kawasan tidak mampu dijaga.

"Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama memiliki kesadaran yang sama untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dnegan terus menghormati hukum internasional," beber Jokowi.
 

0 comments:

Post a Comment